Cara Mengenalkan Agama Sejak Dini Kepada Anak

Mengajarkan pendidikan agama merupakan salah satu hal yang penting untuk diajarkan oleh orang tua. Ini akan membuat mereka lebih memahami mengenai agama yang kita anut dan juga membuat mereka sadar mengenai agama.

Tapi terkadang sebagai orang tua kita pun bingung bagaimana cara yang baik untuk bisa mengajarkan hal tersebut kepada anak. Nah, berikut ini kami memiliki tips yang bisa membantu Anda untuk bisa mulai mengajarkan kepada anak mengenai agama, mulai dari hal kecil dan berdampak besar.

1.Jelaskan Mengenai Agama yang Dianut

Hal pertama yang bisa Anda mulai jelaskan adalah tentang agama yang Anda anut. Tidak perlu yang mendetail, namun beri penjelasan yang mudah untuk anak bisa pahami. Anda bisa memulainya dengan menceritakan mengenai kisah-kisah keagamaan yang dapat menarik minat anak dan juga menumbuhkan pengetahuannya melalui cerita.

2.Tidak Perlu untuk Sok Tahu

Anak kecil pasti memiliki banyak pertanyaan di dalam benaknya yang bahkan kita tidak mengetahui apa jawaban dari pertanyaan tersebut. Nah, ada baiknya kita tidak memberikan jawaban sok tahu.

Misalnya anak menanyakan setelah kita meninggal dunia, apa yang akan terjadi. Jujurlah kepadanya, kalau memang tidak ada seorang pun yang tahu, namun jika kita berbuat baik maka tuhan telah menjanjikan surga untuk kita.

3. Mulai Perkenalkan Nilai Agama

Mulai untuk perkenalkan nilai keagamaan ke anak, cobalah untuk mengajaknya beribadah sesuai dengan agama yang dianut. Coba mulai buat mereka terbiasa dengan kegiatan keagamaan. Bicara kepadanya kalau Anda merupakan orang yang percaya dengan keberadaan tuhan. Bisa juga Anda mulai bicarakan pengaruh tuhan dalam hidup Anda. Ini bisa membantu mereka lebih memahami kehadiran tuhan di dalam kehidupannya.

4.Kegiatan Harian dengan Nilai Agama

Anda tidak perlu melakukan hal besar untuk mengenalkan nilai agama ke anak, cobalah dari hal kecil. Misalnya dengan menyelipkan rasa syukur kepada tuhan pada setiap kegiatan yang kita lakukan.

Misalnya ucapkan rasa terima kasih kepada tuhan saat makan, bangun di pagi hari, atau pun kembali dari perjalanan dalam keadaan sehat. Anak pun bisa memahami segala aspek di dalam hidupnya merupakan pemberian dari tuhan.

5. Ajari Dengan Cara yang Menyenangkan

Terakhir, kamu bisa mengajarkan anak dengan cara yang membuat ia senang untuk belajar. Misalnya, coba ajak dia untuk menggambar mengenai pembelajaran agama. Bisa dengan menulis mengenai ciptaan tuhan, atau bahkan membuat cerita yang mengisahkan kehebatan tuhan.

Saat ini pun sudah banyak video pembelajaran agama menarik bagi anak di Youtube, salah satunya seperti Nusa dan Rara, atau pun lagu rohani anak-anak.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu ajarkan kepada anak mengenai agama di usianya yang masih dini. Jangan terlalu memberikan dia beban untuk langsung memahami mengenai agama, itu hanya akan membuat dia tidak akan pernah memahami kasih sayang yang ada di dalam agama.