Info Pendaftaran CPNS 2022, Ini Penjelasan KemenPAN-RB Hanya untuk PPPK?

Untuk para pejuang Aparatur Sipil Negara atau ASN tentu saja sangat menunggu dan menanti – nanti kappa pendaftaran CPNS 2022 akan di buka.

Tetapi, sebelumnya proses seleksi CPNS 2021 pun sebenarnya sampai sekarang belum benar – benar selesai.

Sekarang ini, CPNS 2021 sedang dalam proses pengumuman hasil akhir pasca sanggah CPNS 2021 yang di lakukan sejak tanggal 4 Januari 2022 sampai dengan 6 Januari 2022.

Setelah melihat penumuman hasil akhir pasca sanggah, pendaftar pun akan melanjutkan ke proses penyampaian kelengkapan dokumennya.

Tahap akhir yang nantinya akan di lewati oleh para pendaftar CPNS 2021 adalah usul penetapan NIP CPNS sejak tanggal 22 Januari 2022 sampai dengan 22 Februari 2022.

Beberapa instansi yang sudah melakukan pengumuman hasil akhir pasca sanggad CPNS 2021 antara lain adalah Badan Kepegawaian Nasional BKN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), dan Pemerintah Kabupaten/Kota lainnya.

Untuk para pendaftar yang sudah di nyatakan lolos harus melanjutkan proses dengan mengisi daftar Riwayat Hidup atau DRH serta menyiapkan kelengkapan dokumen yang harus di unggah.

Ada juga dokumen yang harus di unggah pendaftar yang di nyatakan lolos seleksi adalah  Pasfoto terbaru, ijazah asli, transkrip nilai asli, print out DRH, surat pernyataan, SKCK, Surat keterangan sehat jasmani dan rohani, surat keterangan bebas narkoba dan bukti pengalaman kerja.

Untuk kalian yang belum lolos CPNS 2021 tentu saja akan menunggu kapan di bukanya pendaftaran CPNS 2022.

Berdasarkan rilisan di website resmi Kementrian PAN-RB atau KemenPAN-RB beberapa waktu lalu, di tahun 2022 ini pemerintahrencananya akan lebih focus pada pengadaan PPPK bukan pada CPNS.

“Kebijakan pengadaan ASN di tahun 2022, pemerintah akan berfokus pada pengadaan PPPK dengan tetap memprioritaskan pada pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan,” tulis Humas Menpan RB dalam rilisnya.

Tetapi di sisi lain ada harapan bahwa di tahun ini jika anggaran CPNS dan PPPK di tahun 2021 belum terisi.

Dengan artian akan di alokasikan ke anggaran di tahun selanjutnya yaitu di tahun 2022 ini. Hal ini juga di sampaikan secara langsung oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo.

“Sisa alokasinya kita anggarkan di tahun 2022” kata Tjahjo dalam siaran langsung di Youtube Kementerian PANRB April lalu.

“Kita sudah rapat dengan menteri keuangan sudah ada alokasi dana, bisa satu juta (guru), yang 300 (ribu) CPNS yang lain sesuai kebutuhan, kalau enggak sampai, ya nanti kita alokasikan untuk tahun depan,” lanjut Tjahjo.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai ASN yang harus kalian ketahui sebelum kalian mencoba mendaftar di tahun ini. Semoga bermanfaat.