Sejarah Agama Kristen, Pernah Dengar?

Di Indonesia, agama Kristen merupakan agama terbesar kedua setelah islam dari segi jumlah pemeluknya.

Sedangkan untuk secara keseluruhan di dunia, agama Kristen merupakan agama terbesar di dunia dengan penganut mencapai 2 miliar orang dari seluruh belahan dunia.

Mayoritas pemeluk agama Kristen adalah orang – orang dari Negara Barat seperti Eropa dan Amerika. Sedangkan sisanya tersebar di seluruh Negara, bahkan di negara – negara yang mayoritas muslim pun biasanya ada pemeluk agama Kristen.

Agama Kristen merupakan agama yang berdasarkan ajaran Yesus Kristus serta Riwayat hidup Yesus Kristus, penganut agaram Kristen percaya jika Yesus Kristus adalah anak Allah dan menjadi juru selamat manusia yang diutus sebagai Mesias atau Kristus yang tertuang dalam perjanjian lama.

Agar bisa memahami mengenai agama Kristen lebih lanjut, ada beberapa penjabaran mengenai agama Kristen, bagaimana Kristen berkembang. Bagaimana sejarah agama Kristen di dunia, dan lain – lain.

Agama Kristen adalah agama yang muncul di daerah levant atau lebih tepatnya sekarang berada di antara Negara Palestina dan Israel yang muncul pada pertengahan abad pertama.

Awal mula terbentuknya agama Kristen ini berasal dari kota Yerusallem kemudian menyebar kea rah timur kota Yerusalem yaitu kota – kota lainnya di antaranya kota Mesopotamia, Yordania, Mesir, Asyur, dan Syria.

Setelah 15 tahun kemudian, agama Kristen ini mulai berkembang di Eropa Selatan. Di masa ini lah penyebaran agama Kristen kemudian menjadi sangat besar hingga ke berbagai negara di sekitar Eropa Selatan seperti negara – negara di Eropa Timur, Asia Selatan, hingga Afrika Utara.

Bahkan di abad ke 4 agama Kristen juga menjadi agama utama oleh beberapa negara diantaranya Dinasti Arsakid yang beradal dari Armenia pada tahun 301 Masehi kemudian oleh Negara Caucasian Iberian atau sekarang disebut Georgia pada tahun 319 masehi, kemudian oleh kekaisaran Aksum di Ethiopia pada tahun 325 masehi serta oleh kekaisaran Romawi pada tahun 380 masehi.

Kemunculan dari Yesus menjadi titik awal mula munculnya agama Kristen di dunia ini, yakni di mulai dari lahirnya Yesus hingga meninggalnya Yesus.

Yesus sendiri lahir di sebuah kota kecil di Betlehem dan kemudian tumbuh hingga besar di Nazaret, Galilea. Kemudian ketika Yesus berusia 30 tahun, dia melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Karena termakan oleh hasutan orang Yahudi, akhirnya para pengikut Yesus kemudian ramai – ramai mengarak Yesusk dengan salib.

Yesus di salib di bukit Golgota di kota Yerusalem berdasarkan perintah dari gubernur dari provinsi Yudea Romawi pada saat itu yaitu Pontius Pilatus.

Setelah disalib kemudian Yesus dikuburkan di sebuah gua batu, di hari ketiga setelah kematiannya umat Kristen meyakini bahwa Yesus bangkit Kembali dan hidup Kembali dengan disaksikan oleh ratusan saksi mata yang melihat kebangkitan Yesus hidup Kembali.

Kemudian setelah hidup Kembali, 40 hari kemudian Yesus naik ke surga dan hal ini juga disaksikan oleh ratusan saksi mata pada saat itu.

Nemun karena para pemimpin dan Imam Yahudi ketakutan, saat itu para Imam Yahudi menyuap penjaga kubur untuk menyatakan bahwa Yesus tidaklah hidup Kembali melainkan mayatnya hilang karena dicuri oleh para muridnya atau para pengikutnya.

Lima peristiwa dari kehidupan Yesus ini menjadi inti utama dari ajaran agama Kristen yakni kelahiran, pelayanan, kematian, kebangkitan dan kenaikan ke surga. Kelima peristiwa tersebut juga di biasa di sebut dengan intisari kekristenan.

Kehidupan Yesus ini juga tercatat di dalam Injil serta tulisan-tulisan dari Paus Paulus serta para murid Yesus yang kemudian dikumpulkan setelahnya dan menjadi awal dari sebuah sejarah perjanjian baru.

Sebagai agama terbesar di dunia yang memiliki banyak pemeluk, tentunya agama Kristen merupakan agama yang memiliki sejarah cukup panjang. Layaknya agama lainnya di dunia ini, agama Kristen juga menjadi agama yang telah diturunkan selama berabad-abad dan tetap sama hingga kini.

Itulah bagaimana sejarah agama Kristen terbentuk. Semoga dapat berguna dan dapat menambah wawasan kalian terutama mengenai agama Kristen di dunia.