Sejarah Agama Islam Yang Jarang Diketahui

Sejarah Islam ialah peradaban agama Islam yang di mulai dari turunnya wahyu pertama pada tahun 610M yang diturunkan pada rasul yang terakhir yaitu Muhammad bin Abdullah di Gua Hira, (Arab Saudi) sampai dengan sekarang.

Islam artinya salah satu kepercayaan  dari kelompok agama yang diterima oleh seseorang nabi (agama samawi) yang mengajarkan monoteisme tanpa kompromi, iman terhadap wahyu, iman terhadap akhir zaman, serta tanggung jawab.

Bersama para pengikut Yudaisme dan  Kekristenan, semua muslim–pengikut ajaran Islam–artinya anak turun Ibrahim. Islam dianut oleh 1,8 miliar orang di seluruh dunia sehingga menjadi kepercayaan  terbesar ke 2 setelah Kristen.

Secara istilah, Islam bermakna penyerahan diri, ketundukan dan kepatuhan terhadap perintah Allah serta pasrah dan  menerima dengan puas terhadap ketentuan dan  aturan-aturan-Nya.

Pengertian “berserah diri” dalam Islam kepada tuhan bukanlah sebutan untuk paham fatalisme, melainkan sebagai kebalikan dari rasa berat hati dalam mengikuti ajaran agama serta lebih suka  memilih jalan mudah dalam hidup.

Seorang muslim mengikuti perintah Allah tanpa menentang atau mempertanyakannya, namun disertai usaha untuk memahami hikmahnya.

Jazirah Arab sebelum kedatangan Islam merupakan sebuah daerah yang sangat mundur. Kebanyakkan orang Arab merupakan penyembah berhala serta yang lain merupakan pengikut agama Kristen dan Yahudi.

Mekah saat itu artinya kawasan suci bagi bangsa Arab. Karena di daerah tersebut ada berhala-berhala agama mereka dan juga ada Sumur Zamzam dan  yang paling penting artinya Ka’bah.

Nabi Muhammad dilahirkan di Makkah pada Tahun Gajah yaitu pada tanggal 12 Rabi’ul Awal atau pada tanggal 21 April (570 atau 571 Masehi).

Nabi Muhammad artinya seseorang anak yatim setelah ayahnya Abdullah bin Abdul Muttalib meninggal saat beliau masih dalam kandungan serta ibunya Aminah binti Wahab meninggal dunia saat beliau berusia 7 tahun.

Lalu beliau diasuh sang kakeknya Abdul Muthalib. Setelah kakeknya meninggal beliau diasuh juga oleh pamannya yaitu Abu Talib. Nabi Muhammad kemudiannya menikah dengan Siti Khadijah saat beliau berusia 25 tahun. Beliau pernah menjadi penggembala kambing.

Nabi Muhammad pernah diangkat sebagai hakim.di usia 35 tahun, kota mekkah dilanda banjir, beliau tidak menyukai suasana kota Mekah yang dipenuhi dengan warga  yang memiliki masalah sosial yang tinggi. Selain menyembah berhala, masyarakat Mekah pada saat itu juga mengubur bayi-bayi perempuan  .

Nabi Muhammad banyak menghabiskan waktunya dengan menyendiri di gua Hira untuk mencari ketenangan serta memikirkan masalah penduduk Mekah. Ketika Nabi Muhammad berusia 40 tahun, beliau didatangi oleh Malaikat Jibril.

Setelah itu dia mengajarkan ajaran Islam secara diam-diam pada orang-orang terdekatnya yang dikenal sebagai “AS-Sabiqun al-Awwalun(Orang-orang pertama yang memeluk agama Islam)” dan  selanjutnya secara terbuka kepada semua penduduk Mekah, setelah turun wahyu al-quran surat al hijr ayat 94.

Di tahun 622, Nabi Muhammad dan  pengikutnya pindah berasal Mekah ke Madinah. Insiden ini dinamai Hijrah. Sejak peristiwa itu dimulailah Kalender Islam atau kalender Hijriyah.

Penduduk Mekah dan  Madinah ikut berperang bersama Nabi Muhammad menggunakan hasil yang baik walaupun terdapat di antaranya kaum Islam yang tewas. Lama   kelamaan para muslimin menjadi lebih kuat, dan  berhasil menaklukkan Kota Mekah. Setelah Nabi Muhammad wafat, semua Jazirah Arab di bawah dominasi Islam.

Secara umum  Sejarah Islam setelah meninggalnya Nabi Muhammad sudah berkembang secara luas pada seluruh dunia. Bani Umayyah, Bani Abbasiyah, dan  Kesultanan Utsmaniyah boleh dikatakan penyambung kekuatan Islam setelah pemerintahan Khulafaur Rasyidin.

Islam telah dikenal di Indonesia pada abad pertama Hijriyah atau 7 Masehi, meskipun dalam frekuensi yang tidak terlalu besar hanya melalui perdagangan dengan para pedagang muslim yang berlayar ke Indonesia untuk singgah untuk beberapa waktu.

Pengenalan Islam lebih intensif, khususnya di Semenanjung Melayu serta Nusantara, yang berlangsung beberapa abad kemudian.

Agama islam pertama masuk ke Indonesia melalui proses perdagangan, pendidikan serta lain-lain. Tokoh penyebar agama islam adalah walisongo antara lain,

  • Sunan Ampel
  • Sunan Bonang
  • Sunan Muria
  • Sunan Gunung Jati
  • Sunan Kalijaga
  • Sunan Giri
  • Sunan Kudus
  • Sunan Drajat
  • Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

Nah, itulah sekilas mengenai sejarah Islam. Semoga bermanfaat.