Tips Masuk Seleksi ASN

Setiap tahunnya, pendaftaran aparatur sipil negara selalu tinggi dan bahkan dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Ini membuat saingan untuk bisa mendapatkan ASN semakin banyak.

Tentunya untuk bisa masuk seleksi ASN membutuhkan persiapan yang besar. Untuk bisa masuk ke dalam persyaratan dasar dari ASN adalah kamu harus menyertakan data pribadi yang lengkap. Selain itu apa saja tips yang bisa dilakukan untuk lulus seleksi ASN?

Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu.

1.Mempersiapkan Semua Dokumen

Siapkanlah data-data yang kamu butuhkan untuk mendaftarkan diri di ASN. Beberapa data yang wajib untuk kamu miliki ada foto 3×4 dengan latar belakang merah, scan ijazah dan transkrip, KTP dan KK, STR untuk tenaga kesehatan, surat lamaran dan akreditasi sekolah.

Jika kamu memiliki semua data di atas, maka kamu bisa mulai mendaftar.

2.Membaca Persyaratan dengan Teliti

Sebelum mengumpulkan data, ada baiknya kamu lebih teliti dalam membaca persyaratan yang diberikan. Jangan sampai karena kurang satu data, kamu bisa kehilangan kesempatan untuk bekerja di ASN.

Coba buat checklist data apa saja yang harus kamu kumpulkan, sehingga kamu bisa mengumpulkannya dengan tenang saat semua yang ada di list kamu sudah terisi.

3. Pastikan Dokumen Bisa Dibaca dengan Jelas

Terkadang saat melakukan scan, hasil dari dokumen tidak bisa dibaca dengan jelas. Tentu ini akan membuat pihak yang menginput data kesulitan dan bahkan bisa terjadi salah input. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Jadi pastikan kalau data yang kamu input sudah bisa dibaca dengan jelas. Gunakan alat scan yang memiliki kualitas baik, bukan menggunakan aplikasi dari ponsel yang bisa membuat kualitas scan buruk.

4. Pastikan Ijasah Sudah Terlegalisir

Kamu harus bisa memastikan kalau fotocopy ijasah yang akan kamu kumpulkan sudah dilegalisir oleh kampus. Legalisir ini biasanya akan didapatkan ketika lulus dari kampus, jadi kamu tidak perlu repot untuk meminta ke kampus.

5. Pas Foto

Pastikan foto pas foto yang kamu kirimkan sudah sesuai dengan prosedur yang diminta. Bukan merupakan foto selfie atau pun seluruh badan. Pakailah foto dengan kualitas terbaik dan pada foto tersebut kepada menghadap ke depan.

6.Belajar dengan Giat

Ketika mengikuti tes ASN, para peserta diharapkan bisa belajar dengan giat. Bahkan tak jarang ada peserta yang sampai mengikuti pelajaran tambahan untuk bisa menguasai tes yang akan diberikan saat ujian ASN.

7. Jaga Kesehatan

Terakhir yang kami sarankan adalah kamu harus tetap bisa menjaga kesehatan dengan baik. Jangan sampai karena terlalu lelah menyiapkan tes ASN, kondisi tubuh kamu memburuk dan malah tidak bisa mengikuti ujian pada hari H.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mengikuti seleksi ASN.